Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Festival

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara

Sri Jagannatha Ratha Yatra

Image
Jagannath Ratha Yatra 08 November 2015 di Bandung
Jagannath Ratha Yatra 08 November 2015 in Bandung

Ratha-yatra berarti 'Perayaan Kereta'. Kata 'ratha' berarti 'kereta', dan 'yatra' berarti 'perjalanan'. Ratha Yatra adalah suatu perayaan yang telah dilaksanakan dari zaman dahulu untuk menghormati Tuhan Alam Semesta (Jagannatha). Sekitar lima ribu tahun yang lalu, terjadi sebuah pertemuan antara Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa Sri Krishna dengan para penyembah-Nya yang terkasih dari Vrindavan, dalam suatu per-ziarahan suci. Ketika itu, para penyembah menarik kereta yang dikendarai oleh Sri Krishna, Baladeva (Kakak Sri Krishna) dan Subhadra (Adik Sri Krishna) dengan maksud untuk diajak kembali ke Vrindavan, kampung halaman mereka sewaktu kecil. Dengan demikian, Ratha-yatra mengingatkan umat manusia dan semua makhluk bahwa sesungguhnya cinta-kasihlah yang mengundang Tuhan untuk datang. Festival ini aslinya berasal dari Jagannatha Puri, India.

Ratha Yatra pertama yang diadakan di negara Barat berlangsung pada tanggal 9 Juli 1967 di kota San Franscisco, Amerika Serikat. Sejak saat itu, perayaan Ratha Yatra menjadi festival utama di San Francisco dan kota-kota lain di seluruh dunia.

Kunjungi website resmi festival perayaan Sri Jagannatha Ratha Yatra di jagannathineverytownandvillage.com.

 

Gita Jayanti

Image
Mentri Agama RI nilai Bhagavad-gita bawa pesan universal
Puncak peringatan Gita Jayanti Nasional (GJN) 2018 dihadiri Menteri Agama RI Lukman Hakim di Gedung Citta Kelangen Kampus ISI Denpasar, Sabtu 22 Desember 2018 malm. Menteri Lukman menilai GJN merupakan salah satu agenda penting bagi umat Hindu.

Gita Jayanti adalah hari perayaan disabdakannya kitab suci veda Bhagavad-gita, sekitar 5000 tahun yang lalu. Bhagavad-gita adalah salah satu kitab suci tertua umat manusia. Perayaannya dilakukan pada hari Shukla Ekadashi, hari ke-11 menuju purnama bulan Margashirsha kalender Hindu. Bhagavad-gita disabdakan kepada Arjuna oleh Sri Krishna sendiri di medan perang Kurukshetra (Haryana, India).

Gita Jayanti dirayakan di seluruh dunia oleh semua penyembah Sri Krishna (penganut Sanatana Dharma), yang memuja Bhagavad-gita sebagai Ibu Ilahi karena ajarannya menjabarkan secara lengkap (dengan cara yang ilmiah dan tidak sektarian) bagaimana cara membangun kembali hubungan yang hilang dengan Tuhan Yang Maha Kuasa (Yang Maha Tinggi).

Kunjungi website resmi perayaan Gita Jayanti Nasional di gitajayanti.or.id.

Sri Krishna Janmastami

Image
Sri Radha Krishna Arca VIgraha
Arca Sri Radha Krishna

Krishna Janmastami adalah hari perayaan kemunculan Sri Krishna. Hari kemunculan Krishna di Bumi ini 5.000 tahun yang lalu dirayakan dengan penuh sukacita oleh anggota ISKCON di mana mereka berpuasa hingga tengah malam, saat tepatnya kemunculan Krishna. Sepanjang hari mereka menyanyi, menari, dan mendengarkan tentang kegiatan-kegiatan Krishna. Setelah lewat tengah malam para penyembah berpesta. Sehari setelah perayaan Janmastami adalah hari kemunculan Acarya-Pendiri ISKCON, Sri-Srimad A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada.

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association