Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Filosofi

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
krishna-vaishnavismi-harekrishna

Filosofi

1. Melalui pengembangan ilmu pengetahuan spiritual dengan tulus hati, kita dapat terbebas dari rasa cemas dan mencapai keadaan kesadaran yang murni, tanpa akhir dan penuh kebahagiaan dalam kehidupan saat ini juga. 

2. Kita bukanlah badan ini melainkan roh/jiwa yang bersifat kekal, bagian tak terpisahkan dari Tuhan (Krishna). Oleh karena itu, kita semua adalah bersaudara, dan pada puncaknya Krishna adalah ayah kita semua. Kita mengakui tentang proses perpindahan yang dialami oleh sang roh (reinkarnasi). 

3. Krishna kekal, maha mengetahui, maha-ada, maha kuat, dan maha memikat hati. Krishna adalah ayah pemberi benih semua makhluk hidup, dan Dia adalah energi yang memelihara seluruh ciptaan alam semesta. Krishna adalah Tuhan yang sama, yakni Allah Bapa, Buddha dan Yehowah. 

4. Kebenaran Mutlak terkandung di dalam Weda, kitab-kitab suci tertua di dunia. Hakikat dan intisari Weda dapat ditemukan di dalam Bhagavad-gita, yang berisi sabda-sabda Krishna. 

5. Seseorang dapat belajar pengetahuan Weda dari seorang guru spiritual yang sejati, yakni orang yang tanpa motif kepentingan pribadi dan pikirannya terpusat dengan mantap kepada Krishna. 

6. Sebelum makan, seseorang mempersembahkan makanannya kepada Tuhan (Krishna); maka Krishna menjadi persembahan tersebut dan menyucikan apa yang dipersembahkan. 

7. Seseorang melakukan segala perbuatan sebagai sebentuk persembahan kepada Krishna dan tidak ada yang dilakukannya demi kepuasan inderanya sendiri. 

8. Cara yang dianjurkan untuk mencapai tingkat matang cinta kasih Tuhan pada zaman Kali saat ini, atau zaman perselisihan, adalah dengan mengucapkan nama-nama suci Tuhan. Metode yang termudah bagi kebanyakan orang adalah dengan mengucapkan mantra Hare Krishna:

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare.

Acintya-bhedabheda Tattva

Acintya-bhedabheda-tattva merujuk kepada keadaan tak terjangkau pemikiran di mana Tuhan dan energi-energi-Nya adalah satu dan sama namun juga berbeda pada saat yang bersamaan. Ini adalah salah satu poin utama filosofi teistik yang diajarkan oleh Sri Chaitanya Mahaprabhu. Sebagai bagian dari energi Tuhan, kita juga memiliki kualitas yang sama dengan Tuhan, tapi di saat yang sama ada perbedaan yang sangat besar dalam hal kuantitas. Kita adalah percikan yang sangat kecil dari energi rohani, dan Pribadi Yang Maha Tinggi, Krishna, adalah sumber tertinggi segala energi yang tanpa batas.

Beberapa bagian Veda menyebutkan bahwa semua mahluk hidup adalah satu dan sama dengan Tuhan, dan bagian-bagian lainnya menyatakan bahwa Tuhan berbeda dengan semua mahluk hidup. Para filsuf Vedanta telah berdebat panjang mengenai hal ini, tapi Chaitanya Mahaprabhu mengajarkan bahwa kedua pernyataan tersebut adalah benar pada saat yang bersamaan.

Seperti halnya matahari adalah sumber panas dan cahaya, Tuhan adalah sumber utama segala energi. Matahari tidak dapat dipisahkan dari cahayanya, dan Tuhan tidak dapat dipisahkan dari energi-Nya. Oleh karena itu, Tuhan tidak berbeda dengan energi-Nya. Pada saat yang sama, Tuhan berbeda dengan energi-Nya. Matahari dan sinarnya adalah satu, tapi mereka juga berbeda: kita dapat merasakan sinar dan panas matahari sementara matahari sendiri berada berjuta-juta mil jauhnya.

Begitu juga, Tuhan hadir di mana-mana melalui energi-Nya tapi Tuhan tetap memiliki identitas terpisah, yaitu Nama-Nya sendiri, bentuk, sifat-sifat, tempat tinggal, kegiatan, dan rekan-rekan-Nya. Oleh karena segalanya adalah perwujudan energi Tuhan, maka Tuhan berbeda (bheda) dan tidak berbeda (abheda) dengan segala hal pada saat yang bersamaan. Kebenaran (tattva) ini tidak dapat dijangkau (acintya) oleh pikiran. Segala hal yang ada di dunia rohani maupun dunia material adalah juga energi Tuhan, sehingga segalanya satu dan sama dengan Tuhan namun juga berbeda dengan Tuhan di saat yang bersamaan.

Oleh karena itu, segala hal bersifat spiritual, atau brahman, karena merupakan energi Tuhan (saktiparinamavada) dan dapat digunakan dalam pelayanan kepada Tuhan.

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association