Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Karma

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
Karma - Hukum Alam

Karma

Karma berarti aktivitas, dan hukum karma adalah hukum yang mengatur reaksi-reaksi bagi aktivitas kita. Hukum karma adalah hukum alamiah aksi dan reaksi. Dalam ilmu fisika hal ini tergambarkan oleh Hukum Newton, setiap aksi menghasilkan reaksi yang setara, dengan arah yang berlawanan. Dari sudut pandang praktis, ini berarti bahwa perbuatan baik akan memberikan hasil yang baik dan perbuatan yang buruk atau merusak akan memberikan hasil yang buruk.

Perlu diperhatikan dalam hal ini bahwa pada dasarnya semua jiwa adalah baik. Artinya bahwa hanya karena seseorang mendapatkan reaksi yang buruk bukan berarti bahwa dia adalah orang jahat. Poin penting lainnya adalah bahwa karma bersifat sementara. Ini berarti bahwa walau mungkin saat ini kita sedang mengalami suatu keadaan tertentu, keadaan tersebut akan berubah di masa mendatang. Perubahan tersebut bisa terjadi dalam hidup saat ini ataupun dalam kehidupan berikutnya. Karma bukan hanya bersifat sementara tetapi dimungkinkan juga untuk mengubah karma seseorang, atau bahkan menyingkirkannya sepenuhnya dengan cara melakukan aktivitas spiritual dalam pelayanan kepada Tuhan.

Reaksi yang baik meliputi hal-hal seperti kekayaan, kerupawanan, kecerdasan dan kebahagiaan. Reaksi yang buruk meliputi hal-hal seperti kemiskinan dan penyakit. Untuk dapat memahami secara utuh bagaimana karma bekerja, konsep reinkarnasi harus dicermati pula. Untuk mendapatkan keterangan lebih jauh, lihat halaman tentang Reinkarnasi.

Karma (baik ataupun buruk) menciptakan sebuah siklus yang terus berlanjut yang menyebabkan seseorang terbelenggu dalam aksi dan reaksi yang dialami berulang kali. Selama seseorang berada di dalam siklus tersebut, sewajarnya ia akan merasakan kebahagiaan dan penderitaan. Filsafat yang dipegang oleh para penyembah Krishna mengajarkan cara untuk memutus siklus tersebut dan mencapai keadaan kebahagiaan kekal yang dikenal sebagai pembebasan, dalam jalinan hubungan yang suci-murni dengan Krishna (Tuhan).

Dari sudut pandang spiritual dengan titik acuan keabadian, karma "baik" ataupun karma "buruk" yang seseorang miliki tidaklah menjadi pertimbangan, sebab karma masa lalu tidak menjadi penghalang untuk tercapainya kemajuan spiritual.

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association