Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Kirtan

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
SanKirtan
Image
Hare Krishna Maha Mantra

Kata Bahasa Sanskerta kirtan secara umum berarti puji-pujian atau penghormatan, khususnya kepada Pribadi Tertinggi, Tuhan. Kirtan adalah sebuah bentuk nyanyian bhakti yang mengakar sejak 500 tahun silam di India. Kirtan merupakan sebuah bentuk praktik Bhakti Yoga (yoga pengabdian suci) dan memiliki kekuatan untuk membuka hati. Nyanyian diiringi dengan alat musik dan ketukan irama gendang, dan hadirin dapat ikut berpartisipasi dengan menyanyi, bertepuk tangan ataupun menari-nari. Anda tidak akan mampu menahan dorongan untuk ikut bergabung di dalamnya! Kirtan yang diekspresikan dengan sepenuh hati dapat mendorong tercapainya keadaan meditasi yang mendalam dan kebahagiaan rohani.

Getaran suara yang manis menembus segala lapisan dan membuat Tuhan menari. Getaran suara tersebut adalah Kirtan. Kirtan menciptakan sebuah jalinan hubungan yang ajaib yang menghubungkan orang-orang satu sama lain. Secara sederhana, Kirtan dapat diartikan sebagai sebuah kelegaan. Kirtan dijelaskan juga sebagai getaran hati sang jiwa. Bagi jiwa-jiwa abad keduapuluh satu, kehidupan adalah soal pencarian kebahagiaan. Terjamin bagi kita untuk mendapatkan kehidupan dan kebebasan, tetapi kirtan adalah sarana dan tujuan yang mengantarkan tercapainya kebahagiaan yang dicari oleh semua orang. 

Melalui kegiatan pengucapan nama-nama Tuhan, kirtan membangkitkan sang jiwa menuju kedudukan alaminya, terhubung dengan Tuhan, hatinya terjernihkan dari segala gangguan yang menyebabkan tekanan kehidupan di zaman teknologi tinggi ini, dan paling tidak menjadikan seseorang merasa hari mereka menjadi lebih baik melalui musik yang menakjubkan ini.

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association