Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Literatur & Publikasi

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
ISKCON Books

Bhagavad-gita Menurut Aslinya

Bhagavad-gita berisi pengetahuan tentang lima kebenaran dasar dan keterkaitan masing-masing kebenaran dengan kebenaran lainnya. Lima kebenaran tersebut adalah:

  1. Krishna atau Tuhan,
  2. Sang Roh atau jiwa individu,
  3. Alam semesta material,
  4. Hukum karma atau perbuatan di dunia ini,
  5. dan Sang waktu

Bhagavad-gita menjelaskan dengan gamblang sifat dari kesadaran, sang diri, dan alam semesta. Bhagavad-gita merupakan salah satu hakikat dan inti sari ilmu pengetahuan Veda, jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para filosof selama berabad-abad. Bhagavad-gita adalah percakapan antara Krishna dan kawan tercinta-Nya, Arjuna. Pada detik-detik menjelang peperangan antara saudara dan kawan, kesatria besar Arjuna bertanya-tanya: Untuk apakah dia berperang? Apa arti hidupnya? Ke mana ia akan menuju setelah kematian? Sebagai jawabannya, Krishna mengantarkan kawan-Nya dari kekalutan pikiran ini menuju pencerahan spiritual, dan kita semua pun diajak untuk menapaki jalan pencerahan spiritual yang sama.

Dalam menerjemahkan Bhagavad-gita, A. C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada berpegang teguh dan setia pada maksud dari kata-kata sabda Krishna, sehingga beliau telah membuka pintu dan mengeluarkan segala rahasia pengetahuan purba Bhagavad-gita dan menghadirkannya di hadapan kita sebagai sebuah kesempatan yang menggembirakan menuju tercapainya perbaikan diri dan pemenuhan dahaga spiritual. 

Bhagavad-gita Menurut Aslinya menjadi literatur yang mendasari Perkumpulan ISKCON.

Srimad-Bhagavatam (Bhagavata Purana)

Srimad-Bhagavatam dipandang sebagai kumpulan terbaik segala kearifan purba. Berisikan sejarah-sejarah dari banyak inkarnasi dan kegiatan Krishna sepanjang sejarah manusia yang ditulis oleh penyusun Veda, yaitu Vyasadeva, sebagai penjelasan beliau sendiri terhadap Vedanta-sutra, inti sari dari segala pengetahuan rohani.

Srimad-Bhagavatam juga dikenal sebagai Bhagavat Purana, salah satu dari 18 Purana (sejarah purba) dalam tradisi Veda. Delapanbelas ribu slokanya disajikan dalam 12 skanda, dimana di setiap skanda membahas tentang aspek tertentu dari pengetahuan rohani. Tema utama Bhagavatam adalah pengetahuan dan praktik pelayanan bhakti kepada Kepribadian Tertinggi (bhakti-yoga).

The Bhaktivedanta Book Trust (BBT)

Didirikan pada tahun 1972 oleh Sri Srimad A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada, The Bhaktivedanta Book Trust (BBT) adalah penerbit tebesar sastra klasik dan purba, narasi sejarah serta karya-karya teologi dan budaya bhakti yoga. BBT terutama memberi perhatian besar kepada karya-karya dari tradisi Gaudiya-Vaishnava. Di Indonesia, BBT memberikan lisensi resmi kepada CV. Hanuman Sakti, yang berpusat di Jakarta, untuk mencetak buku. BBT Indonesia bekerja di bawah divisi BBT di Eropa Utara yang berpusat di Swedia.

The Bhaktivedanta Institute (BI)

Bhaktivedanta Institute adalah organisasi non-profit yang bekerja menggabungkan antara sains dan agama untuk kebaikan umat manusia. Tujuan BI adalah agar realita rohani diakui dan digunakan dalam penelitian dan kemajuan sains serta agar prinsip-prinsip dan metode sains dapat diselaraskan ke dalam latihan rohani. Di Indonesia, BI mengadakan seminar-seminar dan presentasi ilmiah secara rutin. Bhaktivedanta Institute juga mengelola dua sekolah di Denpasar, (1) Bhaktivedanta Dharma School dan (2) Bhaktivedanta Academy. 

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association