Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Meditasi Mantra

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
Maha Mantra Hare Krishna

Meditasi mantra adalah sebuah praktik spiritual dan keagamaan yang dapat ditemukan di dalam semua tradisi keagamaan, walau metodenya berbeda-beda. Dalam tradisi Vaishnava (yang meliputi para penyembah Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Sri Krishna) ada dua bentuk dasar bagi jenis meditasi ini. Yang pertama adalah praktik individu dan yang kedua adalah bersama-sama.

Secara individu para penyembah Krishna melakukan doa dan meditasi pribadi secara teratur setiap hari. Kegiatan ini dipusatkan pada pengucapan nama-nama suci Krishna, dengan menggunakan tasbih japamala untuk menghitung jumlah nama suci yang diucapkan. Doa, atau mantra, yang mereka ucapkan berulang-ulang disebut Maha Mantra Hare Krishna:

Hare Krishna Hare Krishna

Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama

Rama Rama Hare Hare

Bentuk kedua proses ini, yang dilakukan bersama-sama, meliputi penggunaan alat musik. Mantra dinyanyikan, bukan diucapkan sambil menghitung dengan tasbih. Ada satu orang yang memimpin nyanyian sementara yang lain dalam kelompok tersebut mengikuti dengan mengulanginya. Kegiatan ini dilakukan di temple/kuil Sri Krishna maupun di tempat umum, tergantung keadaan. Di India, kegiatan menyanyikan mantra di tempat umum seperti ini sangat umum dilakukan dan telah dilakukan selama berabad-abad lampau.

Hare, Krishna dan Rama adalah nama-nama yang digunakan dalam tradisi Vaishnava, dan nama-nama tersebut mengacu kepada Tuhan dan energi-energi Tuhan yang maha membahagiakan. Karena Tuhan bersifat spiritual dan mahakuasa, jika seseorang mengucapkan nama-Nya maka mereka akan disucikan secara material maupun secara spiritual. Pengucapan ini dipandang juga sebagai sebentuk doa di mana sang penyembah memohon kepada Tuhan agar berkenan menyibukkan sang penyembah dalam pelayanan kepada Tuhan.

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association