Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Seperti Apa ISKCON di Indonesia?

Srila Prabhupada, founder/pendiri-acharya ISKCON, mengunjungi Jakarta, ibukota Indonesia, pada tahun 1973. Selama tahun 1980an, hanya ada 2 pusat pengajaran di Indonesia, satu di Jakarta (Rawamangun) dan satu di Bali (Sagamona). Terjadi kekeliruan pemahaman umum terhadap apa yang dijalani oleh para anggota ISKCON sehingga mereka tidak dapat melaksanakan praktik bhakti mereka secara terbuka. Keadaan pemerintahan juga tidak terlalu kondusif sehingga para anggota tidak melakukan kegiatan yang tampil di depan publik.

Pada tahun 1998, terjadi reformasi politik, dan pada tahun 2000 para anggota mengambil kesempatan untuk menyanyikan Mahamantra Hare Krishna di tengah khalayak umum di tempat-tempat umum, berbaur dengan demonstrasi-demonstrasi politik yang terjadi pada masa itu. Pada 1 Januari 2002, didirikan SAKKHI (Sampradaya Kesadaran Krishna Indonesia) untuk bertindak sebagai perantara antara pihak anggota perkumpulan yang jumlahnya terus bertambah dengan Dewan Hindu Dharma di Indonesia (Parisada Hindu Dharma Indonesia).

Pada tahun 2015, SAKKHI berubah menjadi sebuah badan hukum dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sebagai "Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON)".

Perkumpulan ISKCON ini adalah Dewan Nasional untuk ISKCON di Indonesia. Dewan tersebut berperan untuk mengatur dan melayani para anggota dan entitas lokal, khususnya dengan menyediakan informasi dan sumber daya dari dunia ISKCON global.

Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatannya, penyembah ISKCON membentuk Unit Kegiatan (temple/centre/nama-hatta) yang menjadi bagian dari pPrkumpulan, dan mereka mengadakan pertemuan sekali setahun bersama Dewan Pengawas (9 penyembah dari seluruh Indonesia yang mengawasi aktivitas organisasi), Dewan Pengurus (5 penyembah dan 7 departemen yang aktif melayani para penyembah) dan perwakilan dari GBC ISKCON.

GBC, atau Governing Body Commission, adalah otoritas manajerial tertinggi ISKCON, sebagaimana telah didirikan oleh Srila Prabhupada pada 1970. Tanggungjawab utama GBC adalah menjaga, menyebarluaskan, dan melaksanakan perintah-perintah Srila Prabhupada. His Holiness Kavicandra Swami & His Holiness Ramai Swami adalah GBC bersama untuk Indonesia. 

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association