Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Vaishnavaisme

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
Vaishnavaisme
Image
Sri Panca Tattwa

Apa itu Vaishnavisme?

Vaishnavaisme adalah salah satu tradisi utama dalam lingkup kultur spiritual Veda, atau Sanatana Dharma (umum dikenal sebagai agama Hindu). Tidak seperti sejumlah tradisi Veda lainnya, para Vaishnava meyakini bahwa realitas tertinggi adalah personal atau sosok pribadi. Demikianlah mereka memahami bahwa Tuhan adalah Sosok Pribadi Tertinggi yang mahamenarik. Para Vaishnava memuja Sri Vishnu, Sri Rama, dan Sri Krishna sebagai berbagai manifestasi Tuhan Yang Mahakuasa yang sama atau satu divinitas tertinggi, meskipun ada perbedaan dalam tatacara pemujaan dan pada penekanan yang diberikan. 

Mereka mengakui bahwa semua makhluk hidup adalah pribadi-pribadi yang kekal, dan segala masalah kehidupan berakar pada keadaan lupa yang dialami oleh roh individu tentang jalinan hubungan dirinya dengan Tuhan. Para Vaishnava mengajarkan bahwa dengan mengucapkan nama-nama suci Tuhan, sang roh dapat membangkitkan kembali pengetahuan spiritualnya yang sejati, hidup damai saat ini dan setelah meninggal dunia kembali ke alam spiritual, atau Vaikuntha, tempat yang tanpa kecemasan.

ISKCON adalah bagian dari tradisi Gaudiya, atau Chaitanya Vaishnava, yang berasal dari wilayah timur India. Para Gaudiya memberi penekanan pada ajaran-ajaran dari tokoh suci dan awatara abad ke-16, Sri Caitanya Mahaprabhu (1486-1534). Pada gilirannya, Gaudiya Vaishnavaisme melahirkan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON), yang didirikan oleh Srila Prabhupada pada tahun 1966. Organisasi yang beliau dirikan ini, ISKCON, telah mendorong bertumbuhnya Vaishnavaisme di seluruh dunia sejak akhir 1960an. Dewasa ini ajaran-ajaran Vaishnava telah melintasi segala batas geografis dan terbukti relevan untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan penting umat manusia.

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association