Situs resmi Perkumpulan ISKCON di Indonesia
Vegetarianisme

Perkumpulan ISKCON di Indonesia

Image
Krishna Prasadam

Ada dua prinsip filsafat Bhakti Yoga yang diejawantahkan secara nyata oleh praktik vegetarianisme. Dua prinsip tersebut adalah:

  1. Nir-kekerasan
  2. Pelayanan kepada Tuhan (Krishna)

Nir-kekerasan berarti tidak menghambat langkah kemajuan kehidupan makhluk hidup mana pun (secara material maupun spiritual). Menurut hukum karma dan reinkarnasi, jika seekor binatang dibunuh sebelum jatah waktu hidupnya dalam badannya tersebut memang telah habis, jiwa binatang itu harus terlahir kembali dalam jenis badan yang sama untuk menuntaskan sisa jatah waktu yang dimilikinya dan baru kemudian ia dapat melangkah lebih lanjut naik ke jenis kehidupan berikutnya. Dengan demikian, perjalanan evolusinya naik menuju jenis kehidupan berikutnya menjadi terhambat. Karena itu, membunuh binatang semata-mata demi memuaskan permintaan lidah adalah tindak kekerasan baik secara material maupun spiritual.

Terkait dengan pelayanan kepada Tuhan, disebutkan di dalam Bhagavad-gita:

Jika seseorang mempersembahkan daun, bunga, buah atau air kepada-Ku (Krishna) dengan rasa cinta dan bhakti, Aku akan menerimanya. (Bhagavad-gita 9.26)

Sebelum mengkonsumsi sesuatu, para penyembah Krishna melakukan upacara di mana mereka mempersembahkan terlebih dahulu makanan mereka kepada Tuhan. Praktik keagamaan ini menyucikan makanan dan membebaskan orang yang mengkonsumsinya dari karma yang timbul dalam proses pembuatan dan penyediaan bahan-bahan makanan tersebut.

Karena di dalam Bhagavad-gita Krishna menyatakan bahwa Dia hanya akan menerima makanan yang tergolong vegetarian, maka para penyembah Tuhan makan hanya makanan vegetarian. Hal ini mereka lakukan sebagai sebuah bentuk sikap pelayanan untuk memuaskan Tuhan (Krishna).

Share This:
Logo Perkumpulan ISKCON Indonesia

Ucapkan

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare

Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Niscaya Anda Bahagia!

iskcon.org | gbc.iskcon.org | news.iskcon.org | communications.iskcon.org


Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) di Indonesia 
Acarya-Pendiri His Divine Grace A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada


Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI: AHU-0001067.AH.01.08.2019 | NPWP: 74.572.204.1-903.000
Kementerian Agama RI: 1230/DJ.VI/BA.00/07/2019 | Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat: 413/Parisada P/IV/2016
Members of ISKCON Governing Body Commission (GBC) are listed as Extraordinary Members of the Association